Arti sebuah kemenangan

Filed in

Menang, menang, menang. Kata-kata itulah yang sering terdengar di mulut setiap orang ketika mereka sedang menghadapi suatu kompetisi. Entah itu akademis atau non-akademis. Tapi taukah kalian apa itu kemenangan? Kenapa kita selalu mencari kemenangan? Dan kenapa sebagian dari kita sering terobsesi dan tergila-gila akan sebuah kemenangan?
Orang yang bijak mengatakan, bahwa kemengan adalah suatu prestise yang akan hilang sesaat. Jadi untuk apa kemenangan itu kita dapatkan, jika hanya akan hilang dalam sekejap? Tapi di sisi lain kita pasti merasa, jika kita tidak menang berarti kita lemah, kita bodoh, dan rendah.
Di sinilah kita harus memandang secara luas apa itu kemenangan sebenarnya. Perhatikan dahulu quotation berikut ini :
“ jangan pernah mengintip sesuatu dari lubang pintu, karena kau akan semakin penasaran dan sesat”
Inilah yang sering dilalaikan oleh kaum muda zaman sekarang. Karena sering mengintip dari lubang pintu, maka daerah pemikiran mereka sangatlah kecil. Nah kembali ke arti sebuah kemenangan, dilihat di kamus, kemenangan berarti seseorang yang berbuat yang terbaik dan menjadi terbaik dalam suatu permainan atau kompetisi.
Dilihat dari definisi itu kita dapat simak, bahwa kemenangan adalah sesuatu yang memang layak didapatkan bagi seseorang yang telah melakukan sesuatu yang terbaik. Tapi disini kemenangan bukanlah sesuatu yang pantas didapatkan bagi orang-orang yang memiliki perasaan yang ingin menang. ( bedakan antara perasaan yang ingin menang dengan orang-orang yang memang berbuat yang terbaik )
Disinilah dapat kita lihat dengan jelas apa itu arti sebuah kemenangan. Kemenangan hanya dapat didapatkan oleh orang-orang yang melakukan suatu kompetisi dengan sepenuh hati mereka, dengan segenap bakat mereka, bukanlah sesuatu yang didapatkan dengan atas dasar keinginan seseorang.
Dan, janganlah pernah kalian terobsesi dengan kemenangan. Karena kemenangan adalah prestise yang hilang dalam sekejap. Ketika kalian terlalu membanggakan kemenangan itu, maka kalian sebenarnya telah mengalami kekalahan. Hmm hmm…cukup deh khotbahnya buat hari ini. Moga-moga lomba besok saya menang hee… tp saya rasa lomba-lomba di Hut Smansa itu hanya untuk membuat kita happy, bukannya bersitegang karena egoisme ingin menang dalam segala hal. Sekali lagi, pikir dan lihat dengan luas, jangan hanya mengintip dari lubang pintu. Yee hee…




Win, win, win. The words that are often heard at the mouth of every person when they are facing a competition. Whether it be academic or non-academic. But do you now, what the victory is mean? Why do we always look for victory? And why some of us often obsessed and infatuated with a victory?
The wise say, that a victory is a prestige that will disappear shortly. So for what it is we get a victory, if only to disappear in an instant? But on the other hand we certainly feel, if we did not win means we're weak, we are stupid, and low.
This is where we should see what it is broadly true victory. Consider first the following quotation:
"Do not ever peep hole thing from the door, because you will get curious and misguided"
This is often neglected by young people today. Because often peeking from the doorway, the area thought they were very small. Now back to the meaning of a victory, viewed in the dictionary, victory means a person who does the best and become the best in a game or competition.
Viewed from the definition that we can see, that victory is something that is deserved for someone who has done something that is best. But here is not something that deserved the victory obtained for people who have feelings that want to win. (Distinguishing between feelings that want to win with people who are doing the best)
Here we can see clearly what the meaning of a victory is. Victory can only be obtained by people who do a competition with them wholeheartedly, with all their talent, not something to be obtained with on the basis of one's desire.
And, do not you ever obsessed with victory. Since victory is lost in an instant prestige. When you are too proud of that victory, then you actually have experienced defeat.



Posted by Byan Prihandana Jati @ Kamis, 28 Oktober 2010 9 comments

Share This Post

RSS Digg Twitter StumbleUpon Delicious Technorati

9 Comments

Comments
Anonim :

Likeee thizzzzz.., :D

dannynyadika :

keren bgt yan.. aq tersentuh

yaya :

kren ya, tp kpn pnilaian???
ntar lo ud lese lmb, ni blog d pake bwt blog snar aj, wkwkwk

bollellebo. jadi blog resmi pemerintahan sonar. hahahaha
mumpung ketua kelas yang jadi adminnya.

Byan :

gak mau ah...ini blognya tak delete ajah... wahahhaahah

Leave a Comment

Previous Post
Mixbloo css by zenverse.net Author Blogger Templates